Biografi Presiden Soekarno

Soekarno, Presiden pertama Republik Indonesia yang biasa dipanggil Bung Karno, lahir di Blitar, Jawa Timur, 6 Juni 1901 dan meninggal di Jakarta, 21 Juni 1970. Ayahnya bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo dan ibunya Ida Ayu Nyoman Rai. Semasa hidupnya, beliau mempunyai tiga istri dan dikaruniai delapan anak. Dari istri Fatmawati mempunyai anak Guntur, Megawati, Rachmawati, Sukmawati dan Guruh. Dari istri Hartini mempunyai Taufan dan Bayu, sedangkan dari istri Ratna Sari Dewi, wanita turunan Jepang bernama asli Naoko Nemoto mempunyai anak Kartika.
soekarno

Biografi Presiden Soekarno dari Biografi Web

Ketika dilahirkan, Soekarno diberikan nama Kusno Sosrodihardjo oleh orangtuanya. Namun karena ia sering sakit maka ketika berumur lima tahun namanya diubah menjadi Soekarno oleh ayahnya. Nama tersebut diambil dari seorang panglima perang dalam kisah Bharata Yudha yaitu Karna. Nama “Karna” menjadi “Karno” karena dalam bahasa Jawa huruf “a” berubah menjadi “o” sedangkan awalan “su” memiliki arti “baik”.

Video Presiden Soekarno kembali dari Sulawesi

Di kemudian hari ketika menjadi Presiden R.I., ejaan nama Soekarno diganti olehnya sendiri menjadi Sukarno karena menurutnya nama tersebut menggunakan ejaan penjajah. Ia tetap menggunakan nama Soekarno dalam tanda tangannya karena tanda tangan tersebut adalah tanda tangan yang tercantum dalam Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang tidak boleh diubah. Sebutan akrab untuk Soekarno adalah Bung Karno.

Masa kecil Soekarno hanya beberapa tahun hidup bersama orang tuanya di Blitar. Semasa SD hingga tamat, beliau tinggal di Surabaya, indekos di rumah Haji Oemar Said Tokroaminoto, politisi kawakan pendiri Syarikat Islam. Kemudian melanjutkan sekolah di HBS (Hoogere Burger School). Saat belajar di HBS itu, Soekarno telah menggembleng jiwa nasionalismenya. Selepas lulus HBS tahun 1920, pindah ke Bandung dan melanjut ke THS (Technische Hoogeschool atau sekolah Tekhnik Tinggi yang sekarang menjadi ITB). Ia berhasil meraih gelar “Ir” pada 25 Mei 1926.

Kemudian, beliau merumuskan ajaran Marhaenisme dan mendirikan PNI (Partai Nasional lndonesia) pada 4 Juli 1927, dengan tujuan Indonesia Merdeka. Akibatnya, Belanda, memasukkannya ke penjara Sukamiskin, Bandung pada 29 Desember 1929. Delapan bulan kemudian baru disidangkan. Dalam pembelaannya berjudul Indonesia Menggugat, beliau menunjukkan kemurtadan Belanda, bangsa yang mengaku lebih maju itu.

Pembelaannya itu membuat Belanda makin marah. Sehingga pada Juli 1930, PNI pun dibubarkan. Setelah bebas pada tahun 1931, Soekarno bergabung dengan Partindo dan sekaligus memimpinnya. Akibatnya, beliau kembali ditangkap Belanda dan dibuang ke Ende, Flores, tahun 1933. Empat tahun kemudian dipindahkan ke Bengkulu.

Setelah melalui perjuangan yang cukup panjang, Bung Karno dan Bung Hatta memproklamasikan kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945. Dalam sidang BPUPKI tanggal 1 Juni 1945, Ir.Soekarno mengemukakan gagasan tentang dasar negara yang disebutnya Pancasila. Tanggal 17 Agustus 1945, Ir Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Dalam sidang PPKI, 18 Agustus 1945 Ir.Soekarno terpilih secara aklamasi sebagai Presiden Republik Indonesia yang pertama.

Video Pidato Presiden Soekarno

Sebelumnya, beliau juga berhasil merumuskan Pancasila yang kemudian menjadi dasar (ideologi) Negara Kesatuan Republik Indonesia. Beliau berupaya mempersatukan nusantara. Bahkan Soekarno berusaha menghimpun bangsa-bangsa di Asia, Afrika, dan Amerika Latin dengan Konferensi Asia Afrika di Bandung pada 1955 yang kemudian berkembang menjadi Gerakan Non Blok.

Pemberontakan G-30-S/PKI melahirkan krisis politik hebat yang menyebabkan penolakan MPR atas pertanggungjawabannya. Sebaliknya MPR mengangkat Soeharto sebagai Pejabat Presiden. Kesehatannya terus memburuk, yang pada hari Minggu, 21 Juni 1970 ia meninggal dunia di RSPAD. Ia disemayamkan di Wisma Yaso, Jakarta dan dimakamkan di Blitar, Jatim di dekat makam ibundanya, Ida Ayu Nyoman Rai. Pemerintah menganugerahkannya sebagai “Pahlawan Proklamasi”.

PRESTASI SOEKARNO

01 juni 1945 Soekarno menyampaikan visi tentang falsafah dan dasar Negara yang kemudian dikenal sebagai hari lahir pancasila. Pada tanggal 18-25 april 1955 Soekarno membawa Indonesia berhasil menyelenggarakan Konferesi Asia Afrika di Bandung. 05 juli 1959 Soekarno mengeluarkan dekrit yang menyatakan berlakunya kembali UUD 1945. 30 september 1960 Soekarno mengingatkan pembebasan Irian Barat dan direalisasikan dengan Trikora. 14 Januari 1999 mendapat tanda penghargaan lencana tugas kencana, sebagian dari sederet gelar lainya, termasuk 27 gelar doktor kehormatan.

Dapatkan Update Rumus dan Soal Terbaru Dari Blog ini! Dengan memasukkan alamat email Anda di bawah ini, maka Anda akan mendapatkan update terbaru secara langsung.


rumus

Jika rumus ini bermanfaat, silakan klik Like Facebook

42 thoughts on “Biografi Presiden Soekarno

  1. semoga aku bisa menirukannnya……….

  2. Mrar Akoh Kambuaya says:

    SanGat BgUUzs.MkAcHi Yha.

  3. Azzahrotu'zhytta AL-kholid says:

    alhamdulillah hirobbil alamin..

  4. Aziezah Cipicieu says:

    yessssssssssssssssssssssssssssssss

  5. Juhdi Muttaqin says:

    bagus

  6. Predi Cahyadi says:

    pasti aku mampu..

  7. Onna Cupeyz Zangad says:

    guudd

  8. Zulkarnain Somadayo says:

    semoga aku bisa seperti dia amin,,,,

  9. Muhammad Hatta Sjam says:

    S*EHAR*O ANJING…..
    Mengkudeta sukarno n membudayakan dii tengah2 masyarat tentang korupsi…
    Memalsukan supersemar dan memfitnah pasukan pengawal presiden Cakrabirawa n Membunuh Jendral2 Revolusi…

    HIDUP SOEKARNO. DENGAN SYSTEM MARHAENISME-NYA…
    SEMOGA SELAMAT DI SANA… AAMIIN LUV U BUNG KARNO SMOGA JIWA PATRIOTISME SELALU BERSAMA KAMI… AAMIIN….LIBERALISME ANJING….

  10. Muhammad Hatta Sjam says:

    S*EHAR*O ANJING…..
    Mengkudeta sukarno n membudayakan dii tengah2 masyarat tentang korupsi…
    Memalsukan supersemar dan memfitnah pasukan pengawal presiden Cakrabirawa n Membunuh Jendral2 Revolusi…

    HIDUP SOEKARNO. DENGAN SYSTEM MARHAENISME-NYA…
    SEMOGA SELAMAT DI SANA… AAMIIN LUV U BUNG KARNO SMOGA JIWA PATRIOTISME SELALU BERSAMA KAMI… AAMIIN….LIBERALISME ANJING….

  11. kenapa tdk ada yg bisa ikut jejakmu bung? karena mc indonesia paye de, dibutukan figur figur sepertimu skrg.

  12. Dari kami yang merindukan sosok pemimpin seperti mu.

  13. SELAMAT JALAN BAPAK PROKLAMATOR.

  14. akankah ada seorang presiden indonesia yang akan datang dan memimpin bangsa indonesia ini seperti Presiden pertama indonesia yaitu Soekarno.

  15. Joyoyakti says:

    KOREKSI; Bung Karno lahir di Surabaya,bukan Blitar (otobiografi Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat Indonesia). Ada dugaan tempat lahir beliau sengaja dikaburkan oleh pemerintah Orde Baru,sbg alasan mengapa jasad beliau dikubur di Blitar,sbg upaya menjauhkan peran beliau dari ingatan Bangsa Indonesia. Namun sedalam apapun orang mengubur ketokohan beliau dan sekejam apapun orang memfitnah beliau,bangsa ini tetap mencintai beliau. Hanya ajaran2 beliau tentang kemerdekaan yg kian terkubur seiring dgn kian bercokolnya liberalisme/VOC jilid-II di tanah air tercinta ini.

  16. pancaran aura yg luar biasa dari almarhum soekarno,,, terlalu banyak yg tau tentang beliau sampai yang tidak tau pun jadi sok tau, terlalu banyak asumsi tentang ini dan itu,lanjutkan cita-cita dan impian almarhum tentang negara ini, masa lalu tdk akan bisa merubah masa depan.

  17. [...] Darat. Selain dikukuhkan sebagai Pangad, Jenderal Soeharto ditunjuk sebagai Pangkopkamtib oleh Presiden Soekarno. Bulan Maret 1966, Jenderal Soeharto menerima Surat Perintah 11 Maret dari Presiden [...]

  18. Satria Legendaris says:

    Saya bangga ats trlahrnx sosok soekarno yg tlah memproklamatorkn indonesia, sbg putra bangsa sy ikut mndoakn smg arwhmu senantiasa di berikn kesmpurnaan di alam sana, n selalu mdpt syafaat dr rasulullah………..

  19. Wahyudin Iraw says:

    Saya Bangga Atas kerja keras & Semangatnya !

  20. Wahyudin Iraw says:

    Saya Bangga !

  21. [...] Hatta yang keras terhadap sikap Soekarno sehubungan dengan penahannya oleh Pemerintah Kolonial Belanda, yang berakhir dengan pembuangan [...]

  22. Van Langen says:

    Sosok pemimpin yang dirindukan dan ditunggu. Belum ada lagi penampakan pemimpin yang berjiwa patriot dan nasionalisme sejati. Yang ada kini koruptor-koruptor sejati yang rakus bagai harimau kelaparan yg takut mati. Pada ingin kaya dan ugal-ugalan bersaing menumpuk harta dengan jalan pintas melebihi bromocorah. Kami berdoa semoga lahir kembali sosok pemimpin sepertimu Ir.Sukarno. Yang begitu tegas, gagah berani tanpa ragu, gentleman.

  23. [...] Jakarta. Namun, pemikiran HAMKA ditentang keras oleh sebagian besar anggota Konstituante, termasuk Presiden Sukarno. Perjalanan politiknya bisa dikatakan berakhir ketika Konstituante dibubarkan melalui Dekrit [...]

  24. 0k………….!!!!!!!!!!!!1

  25. [...] Bogor dan IPB (1961-1964). Karena menandatangani Manifes Kebudayaan, yang dinyatakan terlarang oleh Presiden Soekarno, ia batal dikirim untuk studi lanjutan ke Universitas Kentucky dan Florida. Ia kemudian dipecat [...]

  26. yully pratiwi says:

    thank you

  27. ichabae says:

    thank you bpk soekarno

  28. [...] Hatta yang keras terhadap sikap Soekarno sehubungan dengan penahannya oleh Pemerintah Kolonial Belanda, yang berakhir dengan pembuangan [...]

  29. rudi simpopert says:

    Kenapa negara kt skrg gagal untuk bangkit padahal skrg udah moderen ,negara yg lain sdah meningkat 100 % ,sdangkan negara kt 50 % pun ssah untuk bagkit ,,kapan ada pemimpin yg bijaksana & tegas untuk negara ini indonesia

    • Setuju bukannya kita membicarakan kesalahan orang lain tapi bagaimana kita mengisi kemerdekaan ini biar hukum berdiri tegak di negeri tercinta ini

  30. you good soekarno ………………….. :)

  31. [...] Dari tahun 1964 hingga tahun 1966, HAMKA dipenjarakan pada pemerintahan Presiden Soekarno karena tuduhan beliau terlibat pemberontakan PRRI (Pemerintah Revolusioner Republik Indonesia), [...]

  32. emmmm coba aja pemimpin kita yang sekrang kayak ir.soekarno ,,,
    pasti rakyat’a akan hidup adil dan makmur ,,, bukan a malah pada korupsi

  33. Kita jgnlah mengadili siapapun karena kita tahu hanya dari sejarah tidak ada manusia yg lepas dr kesalahan soekarno,suharto,bj habibi,abdurrahman wahid,megawati,susilo bambang hudoyono masing-masing punya kelebihan dan punya kekurangan kita sendiri andai jadi orang nomor 1 di indonesia ini belum tentu lebih baik dari beliau-beliau ini kita bisa menikmati kemerdekaan ini sudah alhamdulillah dan sekarang bagaimana mengisi kemedekaan ini bukannya harus membicarakan kesalahan beliau-beliau itu munafik namanya ini sejarah mata kepala kita tidak tahu sendiri contoh dari sejarah ken arok ingin jadi raja dia hrs membunuh tunggul ametung padahal ken arok itu titisan dewa kata sejarah tapi kenapa hrs membunuh krn ingin jadi raja la wong dia itu titisan dewa inilah sejarah pandai-pandai kita memahami jgn pernah condong pada sejarah kurang dan lebihnya kita juga tidak tahu maturnuwun…

  34. […] ke penjara oleh Soekarno. Bahkan majalah yang dibentuknya ”Panji Masyarat” yang dibredel Soekarno karena menerbitkan tulisan Bung Hatta yang berjudul ”Demokrasi Kita” yang mengkritik  konsep […]

  35. fina yunia asih says:

    Aku ingin sepeti dia ya allah …. Pasti bisa

  36. eldysmile says:

    Betul soekarno yang punya ide dasar negara pancasila tapi pancasila soekarno beda dengan pancasila sekarang…terusuntuk seorang proklamator,kalobukan dipaksa memerdekakan oleh para pemuda di rengas dengklok dia kagak mau tuh bacain teks proklamasi…

Leave a Reply