Biografi Muhammad Syafii Antonio

Muhammad Syafii Antonio adalah seorang muslim keturunan Tiong Hoa yang menjadi pakar ekonomi syariah di Indonesia. Ia lahir di Sukabumi, Jawa Barat, 12 mei 1965. Nama aslinya Nio Cwan Chung. Sejak kecil ia mengenal dan menganut ajaran Konghucu, karena ayahnya seorang pendeta Konghucu. Selain mengenal ajaran Konghucu, ia juga mengenal ajaran Islam melalui pergaulan di lingkungan rumah dan sekolah. Ia sering memperhatikan cara-cara ibadah orang-orang muslim. Kerena terlalu sering memperhatikan tanpa sadar ia diam-diam suka melakukan shalat. Kegiatan ibadah orang lain ini ia lakukan walaupun ia belum mengikrarkan diri menjadi seorang muslim.

Syafii Antonio

Biografi Muhammad Syafii Antonio dari Biografi Web

Kehidupan keluarganya sangat memberikan kebebasan dalam memilih agama. Sehingga ia memilih agama Kristen Protestan menjadi agamanya. Setelah itu ia berganti nama menjadi Pilot Sagaran Antonio. Kepindahan ia ke agama Kristen Protestan tidak membuat ayahnya marah. Ayahnya akan sangat kecewa jika ia sekeluarga memilih Islam sebagai agama. Sikap ayahnya ini berangkat dari image gambaran buruk terhadap pemeluk Islam. Ayahnnya sebenarnya melihat ajaran Islam itu bagus. Apalagi dilihat dari sisi Al Qur’an dan hadits. Tapi, ayahnya sangat heran pada pemeluknya yang tidak mencerminkan kesempurnaan ajaran agamanya.

Gambaran buruk tentang kaum muslimin itu menurut ayahnya terlihat dari banyaknya umat Islam yang berada dalam kemiskinan, keterbelakangan,dan kebodohan. Bahkan, sampai mencuri sandal di mushola pun dilakukan oleh umat Islam sendiri. Jadi keindahan dan kebagusan ajaran Islam dinodai oleh prilaku umatnya yang kurang baik. Kendati demikian buruknya citra kaum muslimin di mata ayah, tak membuat ia kendur untuk mengetahui lebih jauh tentang agama islam.

Untuk mengetahui agama Islam, ia mencoba mengkaji Islam secara komparatif (perbandingan) dengan agama-agama lain. Dalam melakukan studi perbandingan ini ia menggunakan tiga pendekatan, yakni pendekatan sejarah, pendekatan alamiah, dan pendekatan nalar rasio biasa. Sengaja ia tidak menggunakan pendekatan kitab-kitab suci agar dapat secara obyektif mengetahui hasilnya.

Berdasarkan tiga pendekatan itu, ia melihat Islam benar-benar agama yang mudah dipahami ketimbang agama-agama lain. Dalam Islam ia temukan bahwa semua rasul yang diutus Tuhan ke muka bumi mengajarkan risalah yang satu, yaitu Tauhid. Selain itu, ia sangat tertarik pada kitab suci umat Islam, yaitu Al-Qur’an. Kitab suci ini penuh dengan kemukjizatan, baik ditinjau dari sisi bahasa, tatanan kata, isi, berita, keteraturan sastra, data-data ilmiah, dan berbagai aspek lainnya. Ajaran Islam juga memiliki system nilai yang sangat lengkap dan komprehensif, meliputi system tatanan akidah, kepercayaan, dan tidak perlu perantara dalam beribadah.

Dibanding agama lain, ibadah dalam islam diartikan secara universal. Artinya, semua yang dilakukan baik ritual, rumah tangga, ekonomi, sosial, maupun budaya, selama tidak menyimpang dan untuk meninggikan siar Allah, nilainya adalah ibadah. Selain itu,disbanding agama lain, terbukti tidak ada agama yang memiliki system selengkap agama Islam. Hasil dari studi banding inilah yang memantapkan hati ia untuk segera memutuskan bahwa Islam adalah agama yang dapat menjawab persoalan hidup.

Masuk Islam Setelah melakukan perenungan untuk memantapkan hati, maka di saat ia berusia 17 tahun dan masih duduk di bangku SMA, ia putuskan untuk memeluk agama Islam. Oleh K.H.Abdullah bin Nuh al-Ghazali ia dibimbing untuk mengucapkan ikrar dua kalimat syahadat pada tahun 1984. Nama ia kemudian diganti menjadi Syafii Antonio. Keputusan yang ia ambil untuk menjadi pengikut Nabi Muhammad saw. Ternyata mendapat tantangan dari pihak keluarga. Ia dikucilkan dan diusir dari rumah. Jika ia pulang, pintu selalu tertutup dan terkunci. Bahkan pada waktu shalat, kain sarung ia sering diludahi.

Perlakuan keluarga terhadap diri ia tak ia hadapi dengan wajah marah, tapi dengan kesabaran dan perilaku yang santun. Ini sudah konsekuensi dari keputusan yang ia ambil. Alhamdulillah,perlakuan dan sikap ia terhadap mereka membuahkan hasil. Tak lama kemudian ibunya menyusul jejak ia menjadi pengikut Nabi Muhammad saw. Setelah mengikrarkan diri, ia terus mempelajari Islam, mulai dari membaca buku, diskusi, dan sebagainya. Kemudian ia mempelajari bahasa Arab di Pesantren an-Nidzom, Sukabumi, dibawah pimpinan K.H.Abdullah Muchtar. Lulus SMA ia melanjutkan ke ITB dan IKIP, tapi kemudian pindah ke IAIN Syarif Hidayatullah. Itupun tidak lama, kemudian ia melanjutkan sekolah ke University of Yourdan (Yordania).

Selesai studi S1 ia melanjutkan program S2 di International Islamic University (IIU) di Malaysia, khusus mempelajari ekonomi Islam. Selesai studi, ia bekerja dan mengajar pada beberapa universitas. Segala aktivitas ia sengaja ia arahkan pada bidang agama. Untuk membantu saudara-saudara muslim Tionghoa, ia aktif pada Yayasan Haji Karim Oei. Di yayasan inilah para mualaf mendapat informasi dan pembinaan. Mulai dari bimbingan shalat, membaca Al-Qur’an, diskusi, ceramah, dan kajian Islam, hingga informasi mengenai agama Islam.

Author : Rony Wijaya

Dapatkan Update Rumus dan Soal Terbaru Dari Blog ini! Dengan memasukkan alamat email Anda di bawah ini, maka Anda akan mendapatkan update terbaru secara langsung.


rumus

Jika rumus ini bermanfaat, silakan klik Like Facebook

29 thoughts on “Biografi Muhammad Syafii Antonio

  1. Assalamualaikum Wr,Wb
    Yth Bpk. Muhammad Syafii Antonio

    saya adalah salah seorang pengagum anda, shaleh , cerdas dan berwibawa.
    mudah-mudahan anda selalu ada waktu untuk muncul dilayar TV untuk memberikan pencerahan kepada Umat. Umat Islam sekarang telah kehilangan seorang figur pemimpin yang bisa mecerahkan,mengayomi..mudah-mudahan Bpk tidak termasuk kedalam Penceramah-penceramah bayaran dan bermodal lawakan..
    maju terus Bpk Muhammad Syafii Antonio..Semoga Allah senantiasa memberikan perlindungan kepada Anda dan keluarga

  2. Assalamu Alaikum WR. WB
    Yth. Bp Muhammad Syafii Antonio
    Ummat islam membutuhkan orang seperti bapak tampil dengan tenang, berwibawa, ilmiah dan menyejukkan suasana. kalo bapak muncul dimedia saya tak ketinggalan mengikutinya. mudah-mudahan bapak bisa menularkan ilmunya, kepribadian santun kepada semua anak negeri ini, sehingga negeri ini bisa lebih baik di masa yang akan datang, aminnn.

  3. Assalamu Alaikum WR. WB
    Yth. Bp Muhammad Syafii Antonio
    saya adalah salah seorang pengagum anda, shaleh , cerdas dan berwibawa.
    mudah-mudahan anda selalu ada waktu untuk muncul dilayar TV untuk memberikan pencerahan kepada Umat. Umat Islam sekarang telah kehilangan seorang figur pemimpin yang bisa mecerahkan,mengayomi..mudah-mudahan Bpk tidak termasuk kedalam Penceramah-penceramah bayaran dan bermodal lawakan..
    maju terus Bpk Muhammad Syafii Antonio..Semoga Allah senantiasa memberikan perlindungan kepada Anda dan keluarga

  4. bogi surono says:

    Assalam Mualaikum
    Pak Antonio saya ingin belajar mengenai cara mengelolah warung kelontong secara islami, terutama alur keluar uang dan pengembangan usaha. Terimakasih sebelumnya

  5. anda lebih hebat menjadi pengikut nabi muhammad saw karna bukan dari garis keturunan tapi menjadi pengikut nya karena pilihan. hebat,,,,.suatu saat saya pasti ketemu anda…

  6. Sejak nonton acara Bapak di televisi saya ingin tahu lebih jauh tentang Bapak Safi’i Antonio.

  7. subhanallah,, luar biasa sekali perjalanan hidup al Ustadz sayafii antonio..
    semoga bisa menginspirasi seluruh umat muslim khususnya di negara kita ini yang akhlaknya masih jauh dengan syariat islam yang kaffah.. aamiin

  8. Amir Mahmud says:

    Good, i agree antum Mr Syafi’i, i hope Allah bless u and family, Antum is the next moslem leader for economic development!

  9. abu zidane says:

    segala puji hanya kepada Allah…mudah-mudahan rahmat yang diturunkan kepadanya,….dapat menjadi INDONESIA lebih Syariah

  10. Masyaallah>>>
    sosok beliau sangat menginspirasi bagi banyak orang dan saya sendiri, semoga kita semua juga bisa seperti beliau dalam mempertahankan akidah yang kita pegang ini. amiin

  11. denger ceramahnya spt sdang kuliah … sangat mudah difahami..

  12. eny taufiqi says:

    saya ingin berguru pd dr m syafii antonio.dlm sgl hal.ahlaqul karimah adlh puncak kesuksesan.tetap santun walau berada di atas angin.smg lebih banyak lagi figur sprt bpk di indmesia

  13. ssalamualaikum
    pak gakke sagarantenyah

  14. seandainya sy ingin konsultasi ttg perbankan syariah, bolehkah ke email pribadi.??

  15. salut sama beliau…..ah ya, apa pembaca menderita diabetes ? kunjungi kami di…..gusburhanudin.blogspot.com

  16. Assalamu’alaikum..
    Pak Syafi’i saya adl pengagum Bapak..
    seorang yng santun,sholeh, bersahaja, dan cerdas
    mudah2an Bapak sll dikaruniai kesehatan dan keberkahan agr dpt berbuat banyk untuk agama dan bangsa.. Amin..

  17. Subhanallah……figur yang patut di contoh untuk memperbaiki negeri ini. Semoga ilmu beliau bermanfaat untuk semua umat.

    Saya adalah pengagum beliau , sosok yang santun, cerdas, berwibawa,bisa menyampaikan pesan dengan baik lewat ceramah ceramahnya…semoga Allah senantiasa melindungi dan meridhoi setiap langkahnya…Amien

  18. Alhhamdulillah kalau Alloh sudah berkendak maka jadilah untuk memilih agama yang tepat dan saya paling suka dengan cara cara menyampaian dan untaian kata katanya pada saat ia ber da'wah.

  19. Hasbunallah wani'mal wakiil…

  20. semoga kisah beliau menjadi contoh teladan bagi kita.amin.

  21. yohenes says:

    Semoga Allah memberikan generasi-generasi seperi beliau

  22. التوجيه من عند الله
    SubhanAllah is “Glory be to Allah”. قُلْ هَـذِهِ سَبِيلِي
    أَدْعُو إِلَى

  23. abdul hamid says:

    Kami remaja masjid al-Firdaus cibaduyut Bandung, ingin sekali mendapat ceramah bapak antonio tentang ekonomi syari’ah..masalahnya..anggapan kaum muslimin di sekitar kami, masih menganggap bahwa bagi hasil ataupun apa namanya adalah tetap bunga atau riba…impian kami untuk bertemu bapak mungkin hanya sebatas impian…tapi daripada tidak mimpi sekali…mengingat keterbatasan kami dari segi keuangan..mohon tanggapan. Terima kasih

  24. hasan saepudin salman says:

    subhanalloh,sungguh beruntung bpk antonio anda memeluk islam,karena islam adalah agama yg dirahmati alloh dan diridoi alloh swt,yg masuk islam itu kebanyakan orang orang pinter,dr,ir,profesor dll,sungguh beruntung agama islam,dan yg keluar ari islam/murtad adalah orang miskin,bodoh.dan mau cuma diiming imingi oleh 3biji mie instan

  25. Yusuf alhaitam says:

    Ustadz, te2p jaga karakternya yg kalem tp enak di pahami tiap tausiahnya…

  26. budi wiryadi says:

    Buah Dari Kesabaran Indah Pada Akhirnya, Subhanaloh Bpn Antonio.

    Mohon informasi juga Bapak menyelengarakan perjalanan Ibada Umroh dan Haji. untuk menghubunginya mohon info.

    Salam

Leave a Reply