Biografi Ahok (Basuki Tjahaja Purnama)

Ahok adalah salah satu calon Wakil Gubernur DKI pada Pilkada DKI Jakarta 2012. Ahok bernama asli Basuki Tjahaja Purnama dan dilahirkan di wilayah Belitung. Sebelum bersanding dengan Jokowi pada Pilkada DKI 2012, Ahok telah menjabat sebagai Bupati Belitung Timur periode 2005-2010 dan menjadi anggota DPR RI periode 2009-2014. Mari kita lihat sepak terjang Ahok sebagai Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta bersama Jokowi.
ahok

Biografi Ahok (Basuki Tjahaja Purnama)

Basuki T Purnama (BTP) yang akrab dipanggil Ahok lahir di Gantung, desa Laskar Pelangi, Belitung Timur. Ia melanjutkan Sekolah Menengah Atas (SMU) dan perguruan tinggi di Jakarta dengan memilih Fakultas Teknologi Mineral jurusan Teknik Geologi Universitas Trisakti.

Setelah menamatkan pendidikannya dan mendapat gelar Sarjana Teknik Geologi (Insiyur geologi) pada tahun 1989, Basuki pulang kampung–menetap di Belitung dan mendirikan perusahaan CV Panda yang bergerak dibidang kontraktor pertambangan PT Timah.

Menggeluti dunia kontraktor selama dua tahun, Basuki menyadari betul hal ini tidak akan mampu mewujudkan visi pembangunan yang ia miliki, karena untuk menjadi pengelolah mineral selain diperlukan modal (investor) juga dibutuhkan manajemen yang profesional.

Untuk itu Ahok memutuskan kuliah S-2 dan mengambil bidang manajemen keuangan di Sekolah Tinggi Manajemen Prasetiya Mulya Jakarta. Mendapat gelar Master in Bussiness Administrasi (MBA)atau Magister Manajemen (MM) membawa Basuki diterima kerja di PT Simaxindo Primadaya di Jakarta, yaitu perusahaan yang bergerak dibidang kontraktor pembangunan pembangkit listrik sebagai staf direksi bidang analisa biaya dan keuangan proyek. Karena ingin konsentrasi pekerjaan di Belitung, pada tahun 1995 Basuki memutuskan untuk berhenti bekerja dan pulang ke kampung halamannya.

Perlu diketahui, tahun 1992 Basuki mendirikan PT Nurindra Ekapersada sebagai persiapan membangun pabrik Gravel Pack Sand (GPS) pada tahun 1995. Bagi Basuki, pabrik yang berlokasi di Dusun Burung Mandi, Desa mengkubang, Kecamatan Manggar, Belitung Timur ini diharapkan dapat menjadi proyek percontohan bagaimana mensejahterakan stakeholder (pemegang saham, karyawan, dan rakyat) dan juga diharapkan dapat memberikan konstribusi bagi Pendapatan Asli Daerah Belitung Timur dengan memberdayakan sumber daya mineral yang terbatas. Di sisi lain diyakini PT Nurindra Ekapersada memiliki visi untuk menghasilkan sumber daya manusia yang tangguh.

Berangkat dari visi seperti itulah pada tahun 1994, Basuki didukung oleh seorang tokoh pejuang kemerdekaan Bapak alm Wasidewo untuk memulai pembangunan pabrik pengolahan pasir kwarsa pertama di Pulau Belitung dengan memamfaatkan teknologi Amerika dan Jerman. Pembangunan pabrik ini diharapkan juga memberikan harapan besar menjadi cikal bakal tumbuhnya suatu kawasan industri dan pelabuhan samudra dengan nama KIAK (Kawasan Industri Air Kelik).

Kiprah Politik Ahok

Sebagai pengusaha di tahun 1995 ia mengalami sendiri pahitnya berhadapan dengan politik dan birokrasi yang korup. Pabriknya ditutup karena ia melawan kesewenang-wenangan pejabat. Sempat terpikir olehnya untuk hijrah dari Indonesia ke luar negeri, tetapi keinginan itu ditolak oleh sang ayah yang mengatakan bahwa satu hari rakyat akan memilih Ahok untuk memperjuangkan nasib mereka.

Dikenal sebagai keluarga yang dermawan di kampungnya, sang ayah yang dikenal dengan nama Kim Nam, memberikan ilustrasi kepada Ahok. Jika seseorang ingin membagikan uang 1 milyar kepada rakyat masing-masing 500 ribu rupiah, ini hanya akan cukup dibagi untuk 2000 orang. Tetapi jika uang tersebut digunakan untuk berpolitik, bayangkan jumlah uang di APBD yang bisa dikuasai untuk kepentingan rakyat. APBD kabupaten Belitung Timur saja mencapai 200 milyar di tahun 2005.

Bermodal keyakinan bahwa orang miskin jangan lawan orang kaya dan orang kaya jangan lawan pejabat (paham Kong Hu Cu), keinginan untuk membantu rakyat kecil di kampungnya, dan juga kefrustasian yang mendalam terhadap kesemena-menaan pejabat yang ia alami sendiri, Ahok memutuskan untuk masuk ke politik di tahun 2003.

Pertama-tama ia bergabung dibawah bendera Partai Perhimpunan Indonesia Baru (PPIB) yang saat itu dipimpin oleh Dr. Sjahrir. Pada pemilu 2004 ia mencalonkan diri sebagai anggota legislatif. Dengan keuangan yang sangat terbatas dan model kampanye yang lain dari yang lain, yaitu menolak memberikan uang kepada rakyat, ia terpilih menjadi anggota DPRD Kabupaten Belitung Timur periode 2004-2009.

Selama di DPRD ia berhasil menunjukan integritasnya dengan menolak ikut dalam praktik KKN, menolak mengambil uang SPPD fiktif, dan menjadi dikenal masyarakat karena ia satu-satunya anggota DPRD yang berani secara langsung dan sering bertemu dengan masyarakat untuk mendengar keluhan mereka sementara anggota DPRD lain lebih sering “mangkir”.

Setelah 7 bulan menjadi DPRD, muncul banyak dukungan dari rakyat yang mendorong Ahok menjadi bupati. Maju sebagai calon Bupati Belitung Timur di tahun 2005, Ahok mempertahankan cara kampanyenya, yaitu dengan mengajar dan melayani langsung rakyat dengan memberikan nomor telfon genggamnya yang juga adalah nomor yang dipakai untuk berkomunikasi dengan keluarganya. Dengan cara ini ia mampu mengerti dan merasakan langsung situasi dan kebutuhan rakyat. Dengan cara kampanye yang tidak “tradisional” ini, yaitu tanpa politik uang, ia secara mengejutkan berhasil mengantongi suara 37,13 persen dan menjadi Bupati Belitung Timur periode 2005-2010. Padahal Belitung Timur dikenal sebagai daerah basis Masyumi, yang juga adalah kampung dari Yusril Ihza Mahendra.

Bermodalkan pengalamannya sebagai pengusaha dan juga anggota DPRD yang mengerti betul sistem keuangan dan budaya birokrasi yang ada, dalam waktu singkat sebagai Bupati ia mampu melaksanakan pelayanan kesehatan gratis, sekolah gratis sampai tingkat SMA, pengaspalan jalan sampai ke pelosok-pelosok daerah, dan perbaikan pelayanan publik lainya. Prinsipnya sederhana: jika kepala lurus, bawahan tidak berani tidak lurus. Selama menjadi bupati ia dikenal sebagai sosok yang anti sogokan baik di kalangan lawan politik, pengusaha, maupun rakyat kecil. Ia memotong semua biaya pembangunan yang melibatkan kontraktor sampai 20 persen. Dengan demikian ia memiliki banyak kelebihan anggaran untuk memperbaiki kesejahteraan masyarakat.

Kesuksesan ini terdengar ke seluruh Bangka Belitung dan mulailah muncul suara-suara untuk mendorong Ahok maju sebagai Gubernur di tahun 2007. Kesuksesannya di Belitung Timur tercermin dalam pemilihan Gubernur Babel ketika 63 persen pemilih di Belitung Timur memilih Ahok. Namun sayang, karena banyaknya manipulasi dalam proses pemungutan dan penghitungan suara, ia gagal menjadi Gubernur Babel.

Dalam pemilu legislative 2009 ia maju sebagai caleg dari Golkar. Meski awalnya ditempatkan pada nomor urut keempat dalam daftar caleg (padahal di Babel hanya tersedia 3 kursi), ia berhasil mendapatkan suara terbanyak dan memperoleh kursi DPR berkat perubahan sistem pembagian kursi dari nomor urut menjadi suara terbanyak.

Selama di DPR, ia duduk di komisi II. Ia dikenal oleh kawan dan lawan sebagai figur yang apa adanya, vokal, dan mudah diakses oleh masyarakat banyak. Lewat kiprahnya di DPR ia menciptakan standard baru bagi anggota-anggota DPR lain dalam anti-korupsi, transparansi dan profesionalisme. Ia bisa dikatakan sebagai pioner dalam pelaporan aktivitas kerja DPR baik dalam proses pembahasan undang-undang maupun dalam berbagai kunjungan kerja. Semua laporan bisa diakses melalui websitenya. Sementara itu, staf ahlinya bukan hanya sekedar bekerja menyediakan materi undang-undang tetapi juga secara aktif mengumpulkan informasi dan mengadvokasi kebutuhan masyarakat. Saat ini, salah satu hal fundamental yang ia sedang perjuangkan adalah bagaimana memperbaiki sistem rekrutmen kandidat kepala daerah untuk mencegah koruptor masuk dalam persaingan pemilukada dan membuka peluang bagi individu-individu idealis untuk masuk merebut kepemimpinan di daerah.

Ahok berkeyakinan bahwa perubahan di Indonesia bergantung pada apakah individu-individu idealis berani masuk ke politik dan ketika di dalam berani mempertahankan integritasnya. Baginya, di alam demokrasi, yang baik dan yang jahat memiliki peluang yang sama untuk merebut kepemimpinan politik. Jika individu-individu idealis tidak berani masuk, tidak aneh kalau sampai hari ini politik dan birokrasi Indonesia masih sangat korup. Oleh karena itu ia berharap model berpolitik yang ia sudah jalankan bisa dijadikan contoh oleh rekan-rekan idealis lain untuk masuk dan berjuang dalam politik. Sampai hari ini ia masih terus berkeliling bertemu dengan masyarakat untuk menyampaikan pesan ini dan pentingnya memiliki pemimpin yang bersih, transparan, dan profesional.

Di tahun 2006, Ahok dinobatkan oleh Majalah TEMPO sebagai salah satu dari 10 tokoh yang mengubah Indonesia. Di tahun 2007 ia dinobatkan sebagai Tokoh Anti Korupsi dari penyelenggara negara oleh Gerakan Tiga Pilar Kemitraan yang terdiri dari KADIN, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, dan Masyarakat Transparansi Indonesia. Melihat kiprahnya, kita bisa mengatakan bahwa berpolitik ala Ahok adalah berpolitik atas dasar nilai pelayanan, ketulusan, kejujuran, dan pengorbanan; bukan politik instan yang sarat pencitraan.
Sumber : http://ahok.org/tentang-ahok/siapa-ahok
Baca Buku Ahok “Merubah Indonesia: Kisah Hidup Ahok” di : http://jokowi.ahokdki1.org/buku

Semoga Pilkada DKI Jakarta dimenangkan oleh tokoh yang jujur dan adil dalam memimpin. Ahok adalah salah satu tokoh yang terkenal bersih dan dicintai rakyatnya di Belitung. Siapapun pemenangnya, apakah Jokowi-Ahok ataupun Hidayat-Didik, kami mengharapkan Jakarta yang lebih baik.

Author : Rony Wijaya

Dapatkan Update Rumus dan Soal Terbaru Dari Blog ini! Dengan memasukkan alamat email Anda di bawah ini, maka Anda akan mendapatkan update terbaru secara langsung.


rumus

Jika rumus ini bermanfaat, silakan klik Like Facebook

161 thoughts on “Biografi Ahok (Basuki Tjahaja Purnama)

  1. Bernard Soedarmara says:

    Prinsip Ahok dan Jokowi, jujur, kerja keras tanpa pamrih, mendengarkan suara hati nurani yang dipimpin SANGAT MULIA tetapi akan banyak yang tidak suka dan terganggu kemapannya. Bila Anda terpilih menjadi Wakil dan Gubernur DKI Jakarta WASPADALAH ATAS SIAPA DAN APAPUN JUGA dari orang2 yang terganggu kemapanannya. Semoga TUHAN YME melindungi Anda berdua.

  2. semoga menjadi pejabat yang jujur dan cikal bakal presiden & wakil presiden dimasa yang akan datang…..

  3. Mas Ahok, kau jangan terlalu banyak perubahan kalau sdh jadi org kaya,.. kau tetep sprti sekarang, jika kau mau jadi pemimpin yang langgeng dan disenangi org byk,.. kau harus tawadhuk,.. semakin kau punya segudang jabatan,.. putaran kledua kau pasti menang,.. santai aja,.. orang sdh gak suka berkumis,.. he he he,.. ingat ya, didunia kau mulia di akhirat kau masuk surga, jika tak tamak harta,…oke,.. ?

  4. BANGUN SIHOMBING says:

    sukses buat Jokowi-Ahok
    Jakarta harus berubah, langkah anda ditunggu indonesia 2014
    Merdeka……………………

  5. semoga jakarta menjadi lebih baik dari sekarang

  6. selamat,semoga terpilih, jika sudah terpilih jangan lupa akan maksud dan tujuan jadi pemimpin, jangan kemaruk,jangan sombong…….semoga bapak amanah ,amiiiiin

  7. selamat,semoga terpilih,jika sudah terpilih jangan lupa akan janji ,maksud dan tujuan jadi pemimpin.semoga bapak tidak kemaruk dan sombong,semoga amanah dalam menjalankan tugas,amiiiiinkami masyarakat indonesia menunggu jakarta berubah lebih baik,tidak macet ,tidak banjir,tidak semrawut…….semoga jakarta jadi aman,nyaman dan asri

  8. Saya warga Jakarta yg tdk mengerti politik. Setelah baca Biografi pasangan Cagub – Cawagub DKI Jakarta, saya memastikan pasangan Jokowi – Ahok, adalah pasangan yg serasi dan sangat ideal untuk menjadi Gubernur/wakil Gubernur DKI Jakarta saat ini… Pak Ahok.. Saya mendukung anda sepenuhnya….. Pertahankan kepribadian baik yg anda punya…

  9. impian gw DKI 1 and 2 JOKOWI n AHOK, supaya JAKARTA bisa bebas dari yang namanya ” KORUPSI ” dan bisa seindah ” SOLO ” dan ” BELITUNG TIMUR “

  10. selamat…. dan konsisten… anda akan menang…. rakyat mendukung… jakarta butuh perubahan….

  11. om Ahok dan Mas Jokowi, kalo Gubernur yang sudah-sudah melupakan – maka tolong ya nanti jika terpilih : Jalan Raya Kalimalang terutama dari Lampu merah by pass sampai dgn Lampu merah Cipinang Melayu DILEBARIN dong seperti jalan Pramuka. Karena kalimalang itu kan jalan yang menghubungkan antar provinsi, kasihan dong……..kalo sepanjang di tengah jalan itu menjadi TEMPAT PARKIR kendaraan alias MACET TOTAL setiap hari (salah satu kawasan sebagai kantong kemacetan di DKI Jakarta). ok, aku tunggu geregetnya. tksh

  12. om Ahok dan Mas Jokowi, kalo Gubernur yang sudah-sudah melupakan – maka tolong ya nanti jika terpilih : Jalan Raya Kalimalang terutama dari Lampu merah by pass sampai dgn Lampu merah Cipinang Melayu DILEBARIN dong seperti jalan Pemuda Rawamangun. Karena kalimalang itu kan jalan yang menghubungkan antar provinsi, kasihan dong……..kalo sepanjang di tengah jalan itu menjadi TEMPAT PARKIR kendaraan alias MACET TOTAL setiap hari (salah satu kawasan sebagai kantong kemacetan di DKI Jakarta). ok, aku tunggu geregetnya. tksh

  13. Saat ini yg kita perlukan adalah pemimpin-pemimpin yg bukan hanya cerdas tetapi lebih dari pada itu pemimpin yg punya hati dan juga takut akan Tuhan, sehingga boleh memimpin dengan baik dan benar. Dan ini kita harapkan tercermin dalam kepemimpinan pak Ahok n Jokowi untuk membawa Jakarta bahkan kedepan untuk Indonesia yang lebih baik dan menjadi teladan dan inspirasi bagi kita semua. Selamat berjuang dan Sukses selalu….. ( dari, oleh dan untuk Rakyat)

  14. Maju terus untuk DKI yang Martabat

  15. hanya orang yg jujur dan bermental baja yg mampu merubah bangsa ini sedikit demi sedikit yg sudah terbelenggu kemerosotan,brutal hedonisme addict,moralbejat,dan tulus memajukan bansa ne, whatever background what religion.kalau benar merubah menjadi baik pasti bisa,tirulah obama dan abidinejad inspiratif dan mau merubah menjadi baik,dan beliau ini ada sepertinya sosok seperti itu,maju trus pak

  16. Saya tidak perduli apa keturunan dan agama bapak(agama saya islam). Yang kami impikan adalah pemimpin yang mau mendengar suara rakyat.Pemimpin Indonesia yang terdahulu semuanya asli orang Indonesia dan beragama islam. Tapi mereka hanya mengumbar janji tanpa bukti,semuanya koruptor semuanya lintah darat yang menghisap darah rakyatnya sendiri.Pak Ahok,saya mendukung anda dan Pak Jokowi. Buktikan pada rakyat bahwa anda adalah pemimpin yang tidak melupakan orang miskin.

  17. Jafet Inrico says:

    Pertama tama saya ucapkan selamat kepada warga Jakarta yang mempunyai wawasan dan cara pandang yang luas terutama mengenai “KEPEMIMPINAN”
    Ke Dua … Jokowi dan Ahok harapan kami sangat tinggi untuk anda menjadikan jakarta Role model buat daerah lain dan yang paling Hebat adalah kerjasama dalam kebhinnekaan menyatu dengan warga dalam ke Ika-an menjadikan Jakarta Megapolitan terbaik di kawasan Asia Tenggara … PASTI !!!!

  18. barnabas says:

    Saya jadi simpati kepada Anda pasangan Jokowi-Ahok karena dengan adanya isu SARA di pemilukada DKI, Anda tetap menampilkan pribadi yang tenang, berwibawa dan sederhana. Maju terus pantang mundur. Saya salah seorang yang terut mendukung dalam doa dan semangat untuk pembaharuan. Amin

  19. Biodatanya mana gan kok gak ditampilin, aku kan penasaran gan huakakakakakak…….
    bisa gak ya dia prihatin (berbaur) dengan warga pribumi, biasanya niy antara warga keturunan dengan warga pribumi ada tembok pemisah yang tinggi bgt lho….

  20. maju teyus jokowi ahok, klw gk mju sy yg mju. hidup sy, sy pengn jd gubernur. hahahahahahahaha

  21. ahok, sdh ekonomi kalian kuasai sehingga yang lain jadi budak sekarang kekuasaan yang akan kau kuasai, memang rakyat indonesia ini mental dijajah skrang akan dijajah ahok

  22. SODIQ ILHAM says:

    Dalam biograpi Ahok tidak pernah tercantum masa kerja dalam periode kepemimpinannya. Hal ini karena Ahok tidak pernah menyelesaikan masa kerjanya. Ahok selalu loncat kejabatan/keinginannya yang lebih tinggi dengan meninggalkan amanat yang diembannya. Ini mencerminkan bahwa Ahok adalah seorang yang haus kekuasaan atau ada agenda yang tersembunyi ???????

  23. Nandito Brotowinoto says:

    Saya terdaftar di BB Ko Ahok. Saya pengajar Bhs.Inggris sukarela khusus anak-anak SD-SMA tiap Minggu sore di permukiman kumuh Manggarai serta saya penggalang sumbangan utk masyarakat “tak beruntung” tsb.

    Saya hormati perilaku bijak, transparan dalam keuangan dan merakyat pada pasangan Jokowi-Ahok sehingga membuat saya mencoblos di Pilkada 11 Jul 2012. Harapan saya sementara ini jika Jokowi-Ahok terpilih resmi menjadi Gub+Wagub DKI saya ajukan 7 usulan: (1) Permukiman kumuh warga KTP DKI yaitu contohnya permukiman di bantaran sungai hendaknya segera dibuatkan sebuah rusun 3-lantai (tanpa lift agar perawatan murah)lalu per unit sekitar 18-27m2. Mengapa rusun? Karena bangunan yg vertikal akan membuat luasan lahan yg semestinya sebagai serapan air dapat terwujud/bertambah, krn pemukiman kumuh menjadi salah satu penyebab banjir krn jalanan gang diblok semen, perumahan rapat-rapat, sampah dibuang di sungai, dll (diantara banyak faktor2 lain), (2) Perizinan pendirian tempat-tempat ibadah agama apapun yang resmi karena pendirian tempat ibadah yg mengajarkan kasih sangat bagus dibandingkan pendirian tempat-tempat yang menggiring kemunduran akhlaq (pelacuran, tempat mabuk-mabukan, tempat narkoba, tempat judi, dll dll), (3) Penggiatan pembangunan Kereta Super Cepat Dalam Kota yang beragam jalur dan terhubung ke BODETABEK, (4) Penghentian perizinan pembangunan mal di DKI namun menyarankan utk membangun mal di tepian DKI agar arus pencarian hiburan mal tak terpusat ke tengah kota, (5) Pengelompokan pedagang kaki lima agar tertata rapi di sebuah bangunan khusus (dengan lahan parkir) di beberapa titik dalam 1 jalur jalan umum agar tujuannya tak membahayakan para pedagang kecil tsb dan tak akan ada lagi kendaraan yg berhenti ke kaki lima sehingga menghambat lalu lintas. (6) Jika arus lalu lintas sudah berjalan lancar karena infrastuktur tertata baik, maka dihimbau kpd pihak Kepolisian utk hapuskan aturan 3in1, (7) Pantau, awasi serta buat aturan agar birokrasi pelayanan umum cepat, rapi dan lancar yaitu berlaku pada: Urusan KTP, Urusan Paspor, Urusan Sidang Tilang, Urusan Bayar Pajak Kendaraan, Urusan SIM dan pelayanan-pelayanan umum lainnya. Sementara itu dahulu usulan saya sebagai warga DKI.

  24. ANDI DJOERKOP says:

    MAJU TERUS JOKOWI-AHOK !!! CHANGE THE WORLD !!!

  25. badi pamuji says:

    benar kata bung haji bahwa kita harus memilih pemimpin yang seiman……

  26. Trisula says:

    Wahai… para pemimpin kafir.
    Saya peringatkan kepada kalian. Jangan pernah sekali-kali kalian menyakiti saudara kami semuslim hanya demi kekafiran kalian.

    Berani-beraninya berdalih dan menghukum saudara kami yang sudah memang jelas kebenarannya. Benar sesuai syariat dan memang itu aturan dalam Agama Allah.

    Jangan membuat orang-orang muslim menjadi marah melihat kelakuan yang nggak jelas kalian. Tanpa dasar yang jelas, hanya demi kekafiran kalian.

    Ini peringatan pertama.

  27. semoga pa ahok dapat hidayah dari Alloh, sehingga bisa masuk Islam………..

  28. hidup Ahok..!!!

  29. ahok, Tuhan menyertai orng yg takut akan Allah. (Imanuel)

  30. ini biografi ahok, silakan baca.

  31. Koalisi Kerakyatan mendukung-mu,,, maju terus pantang mundur.

  32. Siapa menabur baik dia akan menuai kebaikan juga. Jika prinsip ini kau pegang teguh maka tidak ada yang mustahil dalam perjuanganmu, selamat utk AHOK dalam putaran kedua perebutan kursi DKI Jakarta 1 tanggal 20/9 yang berpasangan dengan JOKOWI. kalian adalah yang terbaik saat ini setidaknya utk Jakarta. Tuhan memberkati agar Pemilu LUBER menjadi pintu masuk mengembangkan kembali demokrasi yang sejati di Indonesia.

  33. di negara ini segala hal di lakukan untuk memenuhi kepentingan.namun sebagai generasi muda optimis bahwa kebaikan akan selamnya akan menang, meskipun prosenya banyak hambatan.
    namun yang perlu di sadari kebaikan akan kalah dengan kejahatan yang terorganisir.. selamat untuk p ahok.. lanjutkan perubahan!

  34. Iqballgt Af says:

    saya orang jepara mendukung pemimpin yang bersih dan tranparan.

  35. Langit Biru says:

    KEREN……BANGETTTTT…

  36. Langit Biru says:

    KEREN……BANGETTTTT…

  37. Jokowi_Ahok ahok… Foke_Lah kalau begitu…..

  38. Aria Kr C says:

    semoga bisa dipertahankan.

  39. Keren awal perubahan untuk Jakarta.

  40. HERI SISNOTO says:

    Kami mewakili Paguyuban pemuda WarTeg ingin menanggapi Statement dari pak Basuki Tjahaya Purnama (Ahok)mengenai Management Busway yang tidak baik seperti Management Warteg dalam acara debat PILKADA CAGUB/CAWAGUB DKI salah satu Stasiun TV, kami memahami dan memaklumi arah pembicaraan pak Basuki tidak bermaksud merendahkan atau menyepelekan management WarTeg, karena kami yakin Pak Jokowi dan pak Basuki punya niat Baik untuk memberikan yang terbaik untuk seluruh pedagang WarTeg pada khususnya dan seluruh warga DKI pada umumnya dalam hal ini kami sangat mengharapkan adanya klarifikasi pak Basuki mengenai hal ini…. Wassalam

  41. benar manabur yg baik akan menuai yg baik juga.

  42. Abx del Bental says:

    Pemimpin Masa Depan,, Maju terus Pak…. GBU

  43. Indonesia kenbanyakan orang pinter, tapi susah cari orang jujur… semoga Anda bagian dari /1000nya karena dari 1000 orang paling kedapatan 1 ato 2 orang saja yang jujur. Ud jujur pinter lagi… pas deeh to jadi pejabat n contoh masyarakat… selamat.

  44. Indonesia kenbanyakan orang pinter, tapi susah cari orang jujur… semoga Anda bagian dari /1000nya karena dari 1000 orang paling kedapatan 1 ato 2 orang saja yang jujur. Ud jujur pinter lagi… pas deeh to jadi pejabat n contoh masyarakat… selamat.

  45. Muhammad Alief Nurrachman says:

    masuk islam dulu ya basuki.

  46. Muhammad Alief Nurrachman says:

    masuk islam dulu ya basuki.

  47. maju terus ko Ahok>>> jangan gentar lawan semuanya.

  48. maju terus ko Ahok>>> jangan gentar lawan semuanya.

  49. pendukung koruptor di negeri ini masih kuat, semoga akan ada perubahan.

  50. ferry liem says:

    Jokowi ahok gebernur Ku

  51. Kami tggu jakarta baru….
    Indonesia baru

  52. Orang yang begini nih yang gue cari!
    Mantaps! I like it. ;-)

  53. Sekami Tombangkalua says:

    pohon yang baik akan menghasilkan buah yang baik….anda ad perpanjangan tangan Tuhan untuk menolong org miskin…lawan orang kafir yg merasa selalu mengandalkan Tuhan..padahal perbuatan mereka jauh dari kehendak Tuhan…

  54. foto keluarga a hok dimana.

  55. Sekami Tombangkalua says:

    pohon yang baik akan menghasilkan buah yang baik…anda adalah perpanjangan tangan Tuhan untuk menolong orang miskin……

  56. Mari kita dukung pemimpin/ pemerintahan yang bersih, jujur dan transparan.

  57. ayu wahyuni sampara says:

    Selamat bang AHOK … dari kiprah politik anda saya sangat tertarik dan sedikit malu bahwa sanya orgketurunan masih memiliki perhatian terhdap rakyat kecil dibandingkan ding pribumi yg setiap harinya mkn mulai dr kecil sampai dapat jabatan mark tdk mampu memperhatikan rakyatnya .

  58. Semoga Alloh Swt memberikan Hal2 yang terbaik utk Ahok amin dan semoga janji2 yang sudah diucapkan ke rakyat jakarta tercapai/terlaksana amiin.

  59. pemimpin idaman rakyat.

  60. Johan Best says:

    Meskipun saya asli orang KARANGANYAR – Jawa Tengah.
    tapi saya sangat TERKESAN dengan KEPEMIMPINAN Bapak Ahok.

    Bapak Ahok,…. sebagai bukti bentuk apreasi KEPEMIMPINAN yang sangat LUAR BIASA.

    Kalo Bapak Ahok bisa menjadi PEMIMPIN.
    apa lagi kita semua….
    Karna……
    "Semua orang mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi seorang PEMIMPIN".

    SUKSES terus buat Bapak Joko widodo dan Bapak ahok.
    semoga dapat menjadi GUBERNUR JAKARTA yang dapat menjadi BERKAT buat semua orang.

    GOD BLESS YOU ALL.

  61. Puji Tuhan…selamat ya pak, kami disini selalu mendoakan bapak.
    Semoga Sukses Menuju DKI Baru….God Bless.

  62. salut untuk pak ahok, mga bnyk pemimpin yang meniru langkah beliau.

  63. sukses slalu pak , bangun indonesia raya salam 5 cinta.

  64. jujur adl modal utama mjd pemimpin yg sukses….smoga wjah baru pemimpin DKI Jakarta mbawa prubahan yg berarti bgi Jakarta..bhkn bagi Indonesia…Amin…

  65. Fransina Liesye Jacob says:

    suka banget, keren, smart, rendah hati, jujur, dan utama takut akan Tuhan..God bless you.

  66. Bang Ahok…Jangan lupakan almamater tercinta yg lagi kisruh, mudah mudahan Bang Ahok dapat juga memberikan sumbangsih pikiran untuk kejelasan status almamater tercinta ya Pak! sukses selalu buat Bang Ahok.

  67. Hendrikus Aran says:

    Ahok jadi Wakil Gubernur untuk melayani bukan dilayani(jadilah saksi Yesus Kristus,jadilah garam dunia)Yesus selalu menyertai Ahok dan keluarga.Amin Aleluia

  68. JOKOWI+AHOK jadi gubernur jakarta………….OKELAH KALAU BEGITU…………..OKELAH KALAU BEGITU…………

  69. Anonymous says:

    Koh Ahok.. selamat hasil quick menetapkan Anda berdua dengan Jokowi sebagai pasangan Wakil Gubernur dan Gubernur Jakarta periode berikutnya (2012 – 2017)… semoga kerja keras, semangat, kreatifitas, dan berkat Tuhan turun atas Bapak dan Pak Jokowi…

  70. Salam sukses bpak….. Kirax lewat kepemimpinanmu dan apa yg menjadi inpirasi dari bapak,. Kita bersama2 membangun indonesia dari keterpurukan KKN. Semangat dan sukses selalu.

  71. oke Boss! dampingi ya Jokowi untuk perbaiki aklak2 pejabat maling…Bravo.

  72. Herlina Sari Sitepu says:

    YAHH MAWNYAAA ,,, BUKAN terlihat dari cakap BERBICARA, TAp lbh ke pembuktiannya,,,,

  73. Selamat atas terpilihnya Bapak (menurut hitung cepat) sbg. gubernur DKI. Tuhan tampaknya menempatkan Bapak di "via the lorosa". Tetapi KEBANGKITAN memang harus melalui jalan penyaliban. Semoga Allah yang menghendaki, Allah pula yang mendampingi hingga Jakarta yang bebas kekerasan, jakarta yang nyaman, jakarta yang "INDONESIA BERPANCASILA" semakin menjadi nyata. SELAMAT untuk Bapak.

  74. Selamat atas terpilihnya Bapak (menurut hitung cepat) sbg. gubernur DKI. Tuhan tampaknya menempatkan Bapak di "via the lorosa". Tetapi KEBANGKITAN memang harus melalui jalan penyaliban. Semoga Allah yang menghendaki, Allah pula yang mendampingi hingga Jakarta yang bebas kekerasan, jakarta yang nyaman, jakarta yang "INDONESIA BERPANCASILA" semakin menjadi nyata. SELAMAT untuk Bapak.

  75. sesuatu says:

    HEBAT…HEBAT I LIKE, AHOK CALON PEMIMPIN INDONESIA SEMOGA DITIRU PEMIMPIN2 INDONESIA LAINNYA

  76. Selamat ya pak basuki..Gbu.

  77. Kanda EmoghannyErlangga Lulu says:

    semangat ea kawan…

  78. Anonymous says:

    Selamat atas terpilihnya Pak Ahok sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta 2012 – 2017. tolong juga diperhatikan transportasi Kereta Api Commuter Line , dari Bekasi, Tangerang, Serpong, Depok , Bogor yang melayani masyarakan dari / ke Jakarta. ini memberikan kontribusi yang sangat besar dalam mengurangi kemacetan di Jakarta.

  79. Bang.. kemenangan Jokowi-Ahok, adalah kemenangan Anak Ibu Pertiwi yang memiliki impian besar – kemauan kuat-komitmen tinggi menuju Indonesia Baru yang bertengger di puncak gunung everest/Himalaya serta mengguncang dunia.Jakarta Baru pintu masuk menuju Indonesia Baru.Mari kita kawal..demi impian besar kita.

  80. Saya tidak mngira trnyata msh Ada org muda yg sangat pduli trhdap rakyat kecil,,lanjutkn prjuangan anda,,rakyat kecil brsma anda,,kbnaran yg akan menang pd akhirny,,Amiin.

  81. semoga bpk ahok menjadi pemimpin yg memetingkan kebutuhan orang2 miskin di jakarta.

  82. salam sukses utk pa AHOK ; siapapun anda , anda adalah pmimpin rakyat , berjuanglah utk rakyat, bebas dari korupsi dan cpat mrealisasikan permohonan masyarakat.tuhan selalu bersama anda " amin ".

  83. ivan collin says:

    jangan bekerja sendiri,andalkan Tuhan,
    penolong yang sungguh

  84. Elvira Sendow says:

    Slamat Pak hebat.

  85. Elvira Sendow says:

    Slamat Pak hebat.

  86. Ramadhan Nusfi says:

    Semoga Allah memberikan hidayah kepada Bang Ahok supaya masuk Islam, sehinnga amal kebaikannya di dunia berbuah manis di Yaumul hisab nanti.

  87. Desy sitorus says:

    berjuanglah pak Ahok…
    Kebenaran sllu brpihak pada org” yg bnar” menginginkannya..
    Ttap adalkan TUHAN,,jadilah sperti Ia yg rela mengorbankan nyawaNya demi umat manusia,
    Jdilah bapak yg rela dicobai dan berkorban untuk rakyat terutama rakyat yang tertindas..
    Yakin dan percayalah,TUHAN selalu mengiringi setiap langkah dan kebijakan bapak…
    Trimakasih..
    JBU

  88. maju terus pantang mumdur..

  89. bpk. maju terus, sy. dukung terus!

  90. SELAMAT AHOK. TERUSLAH BERJUANG SUPAYA KEADILAN, KEBENARAN, KEJUJURAN, KESETARAAN BERTUMBUH DI BUMI INDONESIA. INDONESIA TIDAK MAJU KARENA TERJEBAK DENGAN NILAI-NILAI PRIMORDIALIS YANG MENYESATKAN, SEMPIT DAN DANGKAL.

  91. sebelumnya saya minta maaf setelah saya baca semua komen ternyata bagus2 tapi ada yang menarik perhatian saya..komen tentang maaf sekali lagi (masuk islam dulu)..saya rasa klo kita berbuat baik orang tidak akan nanya agamanya apa.menurut gus dur..ya saya bukan membeda2kan agama karena saya yakin semua agama yang dibuat itu baik sekali..semua tergantung pada pribadi masing2 saya yakin juga pak ahok pasti tidak membeda2kan agama dan tidak menanyakan agama orang yang ditolongnya..maaf sebelum dan sesudahnya..

  92. Jempolku Berkoment says:

    MAJU TERUS PAK AHOK.

  93. Wagub Jakarta memang harus intelek dan kaya. Tentu fondasi pertama, intelek, telah dimiliki oleh Ahok, pendidikanS-1 dan S-2 dari kampus prestisius adalah salah satu indikator insan intelek. Lalu pengalaman hidup menggeluti panggung politik dan mampu menjadi pejabat politis (bupati dan legislator) adalah indikator insan intelek. Lalu keberhasilannya mengelola bisnis adalah indikator insan intelek. Lalu kesuksesannya melihat dan menilai kebutuhan orang banyak. Sebab tidak sedikit pejabat publik yang rabun, kicer, atau buta akan realitas kehidupan orang banyak seolah-olah berada di puncak mercu suar dan emoh menatap bahaya batu karang di dasar mercu suar. Kemudian, faktor kaya. Para pejabat publik yang sejak lahir/awal sudah kaya harta tentu tak terlalu silau dengan potensi meraup kekayaan karean jabatan tinggi dan kekuasaan yang dimilikinya. bisa diambil contoh para capres/cawapres AS, baik dari partai Republik maupun Partai Demokrat. Mereka maju dalam general election, baik di tingkat pemilu kaukasus negara bagian maupun di tingkat nasional. Mereka memodali sendiri sebagian biaya kampanye dari awal hingga akhir (hampir tak ada politik transaksional dan janjian akan bagi-bagi proyek, lahan, atau departemen apabila calon menang dan berkuasa). Ingat selalu pesann Pak Harto: ojo dumeh, ojo gumun, dan ojo kagetan!

  94. untuk ahok. mudah mudahan mendapat hidayah dan masuk islam. agar yang di tanam di dunia bisa di petik di akhirat. amiin. bagi pemimpin yang beragama muslim mestinya introfeksi diri agar bertprilaku jujur, amanah, sebagaimana yang dicontohkan Rosululloh SAW.

  95. Berubab ke arah yg lgh baik dengan cara yang benar! Selamat berjuang…

  96. henri hendra yudha says:

    Good luck sir… Jesus Christ bless you.

  97. manusia pada awlanya banyak yang bermaksud muliya…tapi kadang kembali kehabitatnya,,,,, tidak tahan akan rayuan dan godaan…semoga bapak ahok tidak tergoda pada saat memimpin nanti,, selamat buat bapak dan jokowi.

  98. Sumur Pitu says:

    Berarti pernyataan Amin Rais tentang Ahok sangat keliruuuuuuuuuuuu!

  99. siti sharina jomo says:

    Pak Ahok Indonesia perlu “PERUBAHAN”. Sebagai salah satu negara yg Korupsinya paling tinggi didunia, budaya ini perlu dikurangi. Kerja keras, takut Tuhan , perduli sosial itu yg kita mau. Selamat pak Ahok. Ora et labora. Tuhan beserta kita.

  100. Saya sangat mendukung cita2 pak Ahok untuk merubah Jakarta… karena dengan merubah Jakarta berarti merubah Indonesia…kalau boleh sumbang saran utamakan kebersihan Pak.. Tu masyarakat yg bermukim di bantaran kali coba di ubah jangan membelakangi kali tetapi di balik menghadap ke kali dan buat subsetank di darat jg di kali… anak sekolah dibekali kantong plastik untuk membiasakan diri membuang sampah di kantung masing2 n sediakan kotak sampak dimana2 supaya tempat membuang sampah yg mereka punya… kedengaeannya sepele…tapi coba deh pak semoga Jakarta menjadi kebanggaan Nasional….

  101. Saya sangat mendukung cita2 pak Ahok untuk merubah Jakarta… karena dengan merubah Jakarta berarti merubah Indonesia…kalau boleh sumbang saran utamakan kebersihan Pak.. Tu masyarakat yg bermukim di bantaran kali coba di ubah jangan membelakangi kali tetapi di balik menghadap ke kali dan buat subsetank di darat jg di kali… anak sekolah dibekali kantong plastik untuk membiasakan diri membuang sampah di kantung masing2 n sediakan kotak sampak dimana2 supaya tempat membuang sampah yg mereka punya… kedengaeannya sepele…tapi coba deh pak semoga Jakarta menjadi kebanggaan Nasional….

  102. @Sekjen Sekretaris dan @ Muhammad Alief Nurrachman : Itu akan mustahil, bisa makin hancur ntar kelakuannya…karena nantinya dia akan jadi seperti FPI…

  103. maju…terus pantang MUNDUR….transparansi…perlu untuk kepentingan umum.. tentunya…

  104. BUAT SAYA TIDAK PERLU MELIHAT DARI MANA DIA BERA
    SAL,DARI AGAMA APA DIA BERKEYAKINAN,DARI ETNIS MANA DIA DATANG TAPI YANG SAYA LIHAT BAGAIMANA DIA BERBUAT UNTUK BANGSA INI,BAGAIMANA DIA MENCINTAI DAN MENGHARGAI RAKYAT INDONESIA,BAGAIMAN DIA YAKIN UNTUK BEKERJA KERAS MEMBANGUN PERUBAHAN DI NEGRI INI……BUKANKAH HAL ITU LEBIH PENTING DIBANDING YG LAINNYA…

  105. Selamat dan Maju terus buat Ahok dan Jokowi. Meskipun saya warga Tangerang, tapi saya turut mendukung dalam doa. Sukses buat Ahok dan Jokowi. Tuhan memberkati kalian.

  106. Vani N. says:

    Semoga Pak Jokowi dan Pak Ahok bisa menjadi presiden dan wakil presiden Indonesia terpilih 2014 !!
    Sukses selalu buat Pak Jokowi dan Pak Ahok.. :D

  107. Dennis A.D says:

    Selamat buat Jokowi dan Ahok. Sukses selalu ! MAJU TERUS PANTANG MUNDUR !

  108. sasillia says:

    SEMOGA ALLAH MEMBERI KESEMPATAN KEPADA BAPAK UTK MEMIMPIN INDONESIA,SETELAH PEMBUKTIAN KINERJA BAPAK BERHASIL YG MEMIHAK RAKYAT DI DKI ! INDONESIA BUTUH PEJABAT IDEALIS SEPERTI BAPAK !

  109. Mudah2an bpk jokowi& ahok tidka berobah niat nya untuk memberantas korupsi sampai akhir hayatnya ! Amin ….ya rabbal al amin.

  110. RM. GATOT PURBAYA SH says:

    Maju Mr Jokowi & Ahok Pegang Jakarta DKI Baru, terus LANJUTKAN NIAT LUHUR ANDA. kareoa Ihklas, jujur dan untuk kemaslahatan yg tidak semu ITU. ( From : RM. Gatot Purbaya SH Pimred Klik7tv.com Media Online TV Nasional. )

  111. Agar orang lain bisa menikmati cahayanya, sebuah lilin harus dibakar dan tubuhnya meleleh. Ia juga harus ditempatkan di tempat yang tinggi agar cahayanya efektif. Pak Ahok sudah mengalami pengorbanan dengan dibakar oleh birokrasi yang korup dan meleleh alias berkorban banyak untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat banyak. Syukurlah makin banyak masyarakat kita yang terbuka mata hatinya, sehingga mau memilih Bapak dan pak Jokowi menjadi Pemimpin di Kota terbesar di Negri kaya yang salah urus ini. Saya percaya dengan posisi Pak Jokowi dan Pak Ahok yang berada di tempat yang paling tinggi (tapi tetap rendah hati), akan sangat efektif cahayanya untuk menerangi kegelapan yang menyelimuti Negri Kaya kita ini. Selamat berjuang dan selamat melayani.. Semoga terpilihnya Bapak, menjadi inspirasi bagi lahirnya Pemimpin Pemimpin yang berhati nurani di seluruh pelosok tanah air…

  112. mohammad rivai says:

    maju terus sampai menjadi orang nomor satu di negri ini pasangan jokowi ahok.

  113. maju terus kami selalu mendoakan anda berdua

  114. SALUUUTTT. BUAT BANG JOKOWI, MUADAH2AN JADI PEMIMPIN JAKARTA YANG AMANAH, BANG J.W TERUSAKAN PERJUANGANMU JADILAH PEMIMPIN YANG AMANAH, JUJUR DAN BRANTAS KORUPTOR YANG ADA DILINGKUNGAN PEMERINTAHAN DARI TINGKAT YANG PALING ATAS SAMPAI YANG BAWAH. SAYA DO’AKAN ABANG SEHAT SELALU SERTA KELUARGA, SALAM DARI ORANG TANGERANG SELATAN…
    PAK J.W TOLONG DONK BATIK BETAWI JANGAN CUMA DIPAKAI DI PEMERINTAHAAN DOANK, JUGA DIPAKAI ANAK-ANAK SEKOLAH. THANK’S

  115. Smoga indonesia ke dpn bkn lg menjd pecundang..?
    Tp menjd negara yg terhormat dn memiliki para pejabat yg tdk korup.
    Pejabt yg memiliki hati nurani,sllu memihak pd rakyatnya.amin

  116. Semua mata rakyat indonesia dan bangsa-2 didunia akan tertuju pada jokowi-ahok dan melihat pelayanannya yg nyata utk bangsa ini

  117. Go jokowi ahok, jd kan Indonesia spt Singapore, bkn jadi pecundang, yg hanya bisa menonton diobok2 neg tetangga.

  118. [...] dunia kontraktor selama dua tahun, Basuki menyadari betul hal ini tidak akan mampu mewujudkan visi pembangunan yang ia miliki, karena untuk [...]

  119. roy satriya says:

    pemimpin spt ahok & jokowi mesti di dukung untuk kemajuan indonesia,..biarpun dari agama lain, karena niatnya tulus dan iklas untuk kemajuan indonesia.. hanya orang gila, yang mengaitkan dgn agama padahal moral mereka bobrok..!!! jgn takut pak jokowi & kho ahok kami mendukungmu,…benahi jakarta dari kesemrawutan akibat peninggalan rezim orde baru yg bobroknya minta ampun !!!! rakyat ada dibelakangmu…

  120. [...] dunia kontraktor selama dua tahun, Basuki menyadari betul hal ini tidak akan mampu mewujudkan visi pembangunan yang ia miliki, karena untuk [...]

  121. Putyu Haimbawa says:

    Saya dukung 100% ,pak Jokowi dan Pak Ahok, bikin jakarta seperti singapore pak,bersih ,tertib,aman dan desipline, pejabat – pejabat yang korup yang hanya bisa menghabiskan anggaran dengan projeck yang tidak jelas sebaiknya di non aktifkan saja, maju terus pak jokowi dan pak pak Ahok, rakyat bukan hanya mendukung bapak, tapi juga mencintai bapak secara tulus

  122. [...] dan ditetapkan sebagi Gubernur DKI Jakarta. Banyak pihak optimis dengan kinerja Jokowi dan wakilnya Ahok untuk memperbaiki kota Jakarta yang [...]

  123. selama masyarakat indonesia hanya fokus pada cover luar asal suku ras agama pemimpin, berarti mereka mempersiapkan diri untuk menjadi bangsa yang tidak dewasa…

    Bangsa Indonesia kini adalah bangsa yang dewasa.

  124. [...] ditetapkan sebagi Gubernur DKI Jakarta. Banyak pihak optimis dengan kinerja Jokowi dan wakilnya Ahok untuk memperbaiki kota Jakarta yang [...]

  125. biasa aj.. masih banyak orang yang lebih hebat daripada ini…

  126. Ahmad Khoirullah says:

    Assalamu’alaikum wr.wb

    Indonesia bukan negara milik satu keyakinan. Indonesia itu majemuk. Anda-anda yang masih berkutat dengan kesentimenan keyakinan Anda, entah itu Muslim atau Non Muslim, lebih baik Anda mati saja dulu, lalu buktikan, apakah Anda masuk surga atau malah dilempar ke neraka, lalu katakan kepada kami, orang-orang yang tidak memandang keyakinan orang lain, apa yang Anda alami di dunia orang mati, apakah Anda masuk surga atau neraka karena kesentimenan Anda itu. Setuju ??
    Yang Indonesia perlukan adalah pemimpin yang tegas, berani, bersih, transparant, profesional, punya kredibilitas dan kepemimpinan yang tangguh dan tulus dengan niatnya membangun Indonesia. Bukan yang berteriak-teriak tentang keyakinannya, lalu ujung-ujungnya perutnya sendiri yang dipentingkan, KKN, kalau sudah tertangkap basah, saling lempar kesalahan ! Dewasalah saudara…Indonesia tidak butuh pemikiran seorang teroris, tetapi pemimpin yang bisa memajukan bangsanya, apapun keyakinannya.
    Sebagai umat muslim, saya pribadi mendukung siapa saja pemimpin yang pantas memimpin Indonesia dan tiap-tiap daerahnya untuk memajukan kesejahteraan rakyatnya tanpa saya lihat apa keyakinannya dan semacamnya, tapi kemampuannya mengelola daerahnya untuk menjadi maju dan sejahtera, sehingga membawa Indonesia ke perubahan yang luar biasa baik bagi rakyatnya dan baik di mata dunia.
    MAJU TERUS JOKOWI-AHOK. SEKARANG WAKTUNYA ANDA BUKTIKAN PADA PENCELA ANDA, BAHWA ANDA BISA !!!

    Wassalam…..

  127. i like it……………………………………..

  128. [...] dan ditetapkan sebagi Gubernur DKI Jakarta. Banyak pihak optimis dengan kinerja Jokowi dan wakilnyaAhok untuk memperbaiki kota Jakarta yang semerawut. Jokowi meraih gelar insinyur dari Fakultas [...]

  129. Jamalludin says:

    setiap orang adil, maka Allah akan adil kepadanya kalau tidak diberikan di dunia akan diberikan Allah di Akherat, Jamalludin 081373127112

  130. Agus triono says:

    Kalau pemimpin bersih dari unsur korupsi pasti berat karena dikelilingi orang yang suka korupsi dan pasti tidak disenangi malah jadi musuh. tapi JOKOAHOK harus tunjukan yang benar tetap benar dan baru orang sadar kebenaran pasti ada………………. tetap maju pak

  131. Pak Basuki, maju terus karen Tuhan Yesus menyertai anak-anakNya yg jujur dan melakukan Firman Tuhan dgn menjadi pemimpin yg jujur dan bersih. Apa yg bapak kerjakan saat ini yg seturut firman Tuhan dan utk masyarakat banyak, upahmu besar di Sorga bersama Yesus sang pemilik Sorga.

  132. […] dan ditetapkan sebagi Gubernur DKI Jakarta. Banyak pihak optimis dengan kinerja Jokowi dan wakilnya Ahok untuk memperbaiki kota Jakarta yang […]

  133. Maju terus pak ahok….Berserulah kepada Tuhan maka Dia akan menjawab dan memberitahukan hal besar yang tdk kita fahami dan tidak kita ketahui…Tuhan Yesus luar biasa memakai bapak untuk merubah bangsa ini…. syalom

  134. […] dan ditetapkan sebagi Gubernur DKI Jakarta. Banyak pihak optimis dengan kinerja Jokowi dan wakilnya Ahok untuk memperbaiki kota Jakarta yang […]

  135. […] dunia kontraktor selama dua tahun, Basuki menyadari betul hal ini tidak akan mampu mewujudkan visi pembangunan yang ia miliki, karena untuk […]

  136. […] ditetapkan sebagi Gubernur DKI Jakarta. Banyak pihak optimis dengan kinerja Jokowi dan wakilnya Ahok untuk memperbaiki kota Jakarta yang […]

Leave a Reply